Sunday, October 18, 2015

TITIK SEHAT TANPA OBAT 4

Meridian Jantung  

Meridian jantung mempunyai 9 titik akupunktur. 1 cun (ukuran yang dipakai bangsa Cina) = 3,33 cm Penulis tidak memberikan teknik pengobatan dengan tusuk jarum atau moksibasi karena kedua teknik itu harus dilakukan oleh ahli yang berpengalaman. 
Penyakit terkait dengan meridian jantung: 
*        Sakit jantung, jantung berdebar 
*        Sulit tidur 
*        Kejang/kaku pundak, jari-jari, lengan 
*        Jantung berdebar-debar 
*        Sakit pada rusuk samping 
*        Mata kuning 
*        Mudah lupa 
*        Suara hilang 
*        Ketakutan, Shen terganggu 
*        Demam, sakit panas 
Alur : Meridian jantung mempunyai 3 cabang, di mana ketiganya berawal dari jantung. Cabang pertama turun menuju diafragma. Cabang kedua mempunyai hubungan dengan usus kecil. Cabang kedua ini naik dari jantung menyusur ke tenggorokan menuju mata. Cabang ketiga terdapat di dada dengan saluran melintang bermula dari jantung menuju paru, kemudian turun dan muncul pada pangkal tangan dalam (ketiak), melewati siku bagian dalam, terus ke nadi tangan sebelah dalam, melintasi pengelangan tangan dan bermuara pada ujung jari kelingking, di mana cabang ini kemudian bergabung dengan meridian usus kecil. 
Meridian Jantung HT-1 (ji quan, danau di puncak tertinggi) Letak : Di tengah-tengah ketiak dan sisi bagian dalam pembuluh darah axillaris Indikasi : Menyembuhkan sakit pada rusuk; scrofula; sakit jantung; dingin menusuk pada siku dan lengan. 
HT-2 (qing ling, roh hijau kebiruan) Letak : 3 cun di atas lipatan siku Indikasi : Menyembuhkan mata kuning; sakit pada rusuk; sakit pada pundak dan lengan. 
HT-3 (shao hai, lautan kecil) Letak : lipatan siku sisi bagian dalam Indikasi : Menyembuhkan sakit jantung; tangan kaku dan susah digerakkan; tangan gemetar (tremor); sakit pada ketiak dan rusuk; sakit pada uluhati; scrofula. 
HT-4 (ling dao, jalan roh) Letak : 1½ cun di atas lipatan pergelangan tangan pada sisi radial tendon otot Indikasi : Menyembuhkan sakit pada jantung; mendadak suara hilang; mata kuning; siku dan lengan kaku; mendadak kejang.
HT-5 (tong li, menembus ke dalam) Letak : ½ cun di bawah titik HT-4 Indikasi : Menyembuhkan jantung berdebar-debar atau karena ketakutan; vertigo; pusing; sakit tenggorokan; mendadak suara hilang; suara parau; lidah kaku; sakit pada pergelangan tangan dan lengan. 
HT-6 (yin xi, Yin yang terpisah) Letak : ½ cun di atas lipatan pergelangan tangan Indikasi : Menyembuhkan sakit jantung; jantung berdebar-debar karena ketakutan; berkeringat pada malam hari. 
HT-7 (shen men, gerbang roh) Letak : sisi ulnar lipatan pergelangan tangan Indikasi : Menyembuhkan sakit jantung; menenangkan kemarahan luar biasa; ketakutan (mania); mudah lupa; jantung berdebar-debar karena ketakutan; susah tidur (insomnia); mata kuning; sakit pada rusuk; telapak tangan panas. 
HT-8 (shao fu, istana kecil) Letak : telapak tangan antara tulang metacarpal ke-4 dan ke-5 Indikasi : Menyembuhkan jantung berdebar-debar; sakit di dada; jari-jari tangan kaku/mati rasa; telapak tangan panas; kulit gatal-gatal; sulit kencing; enuresis. 
HT-9 (shao chong, gejolak kecil) Letak : sisi ulnar jari ke-5 dan 0,1 cun di bagian belakang sisi luar basis kuku Indikasi : menyembuhkan nyeri jantung; demam; ketakutan (mania) atau histeris; sakit panas.

No comments:

Post a Comment