Sunday, October 18, 2015

TITIK SEHAT TANPA OBAT 3

Meridian Tendon  

Lokasi penyebaran dua belas meridian tendon selaras dengan proyeksi distribusi meridian di permukaan tubuh dan terutama tampak jelas di keempat ekstremitas. Melalui dua belas Meridian Tendon, Qi yang berasal dari kedua belas meridian berakumulasi dan berhubungan dengan otot maupun sendi, mendistribusikan nutrisi, dan mengatur gerak otot maupun sendi sehingga tubuh dapat beraktifitas dengan normal. Keberadaan dua belas meridian tendo ini juga memperkokoh hubungan antara 12 meridian cabang dengan ketiga meridian Yin maupun meridian Yang ipsilateral. Fungsi 12 Meridian Tendon : Qi di dalam meridian tendon dan meridian kulit berfungsi untuk memelihara otot, tendon dan kulit di daerah meridian tersebut. Letak meridian tendon sama dengan letak 12 meridian umum. Namun pencapaian Qi dan darah meridian ini berbeda dengan meridian umum. Qi hanya sampai di otot tidak masuk ke dalam organ, sedangkan arah aliran Qi meridian umum berawal dari ujung jari tangan maupun kaki menuju ke badan sampai ke organ yang bersangkutan. Bila terjadi gangguan pada meridian tendon, akan mengalami gejala berikut : Nyeri otot Kaku otot (kontraksi) 
Otot mengeras Otot kejang Atropy otot Meridian ini tidak memiliki titik akupunktur yang khusus. 
Misalnya : Gangguan organ jantung akan menimbulkan gejala gangguan di kedua siku, terutama siku bagian dalam. 
Gangguan organ hati akan menimbulkan gejala gangguan di sisi ketiak dan bola mata. Gangguan organ limpa, maka Qi terhambat terutama di paha. 
Gangguan organ ginjal akan menimbulkan gangguan di lipatan paha, lutut, dan telinga . Dua Belas Meridian Tendon 
Dua belas meridian tendon berkumpul pada daerah persendian alat gerak dan otot-otot dan arah meridian tendon dari ujung alat gerak menuju kepala, berjalan pada permukaan tubuh sehingga tidak masuk ke organ Zhang Fu . MERIDIAN TENDON : Meridian Tendon dalam perjalanannya mempunyai keistimewaan :Berjalan dari alat gerak menuju ke tubuh atau kepala dan letaknya lebih kepermukaan tubuh, dari pada letak Meridian umum,

Nama 12 Meridian Tendon : 
MERIDIAN OTOT TENDON PARU(LU): Berawal di ujung ibu jari,titik-titik pada Meridiannya adalah GB22,ST12,ST15,CV17. 
MERIDIAN OTOT TENDON USUS BESAR(LI): Berawal di ujung jari telunjuk,yaitu pada titik LI1,titik-titik pada meridian nya adalah GB13,ST5,ST1. 
MERIDIAN OTOT TENDON LAMBUNG(ST): Berawal di ujung jari kaki ke dua pada titik ST45,titik-titik pada meridian nya adalah ST35,CI YEN(Titik istimewa),CV2,ST17,ST12,GB30,HT1,GV9,ST4,LI19,GB1,GB3,GB4. 
MERIDIAN OTOT TENDON LIMPA(SP): Berawal di ujung ibu jari kaki,yaiti pada titik SP1,titik-titik pada meridian nya adalah CV3,GV11,ST19,ST17. 
MERIDIAN OTOT TENDON JANTUNG(HT): Berawal di ujung jari kelingking tangan pada titik HT9,titik-titik pada meridian nya adalah HT7,H5,GB22,CV17,CV8,CV23. 
MERIDIAN OTOT TENDON USUS KECIL(SI): Berawal di ujung jari kelingking,yaitu pada titikSI1,Titik-titik pada meridian nya adalah SI5,SI8,SI9,SI11,SI12,SJ18,SI17,ST5,GB1,GB13. 
MERIDIAN OTOT TENDON KANTONG KEMIH(BL): Berawal di ujung jari kaki ke lima,pada titikBL67,titik-titik pada meridian nya adalah GB40,GB34,BL60,BL40,BL39,GV9. 
MERIDIAN OTOT TENDON GINJAL(KI):Berawal di telapak kaki,pada titik KI1,titik-titik pada meridian nya adalah KI3,KI10,CV2,CV3,BL35,BL10. MERIDIAN OTOT TENDON PERIKARDIUM(PC): Berawal di ujung jari tengah tangan,pada titik PC9, titik-titik pada meridiannya PC3, GB22, CV17, HT1. 
MERIDIAN OTOT TENDON SAN JIAO(SJ): Berawal di ujung jari manis tangan pada titik SJ1, titik-titik pada meridiannya adalah SJ4, SJ10, SJ15, SI17, SJ21, GB1, GB13. MERIDIAN OTOT TENDON KANDUNG EMPEDU(GB): Berawal di ujung jari kaki ke empat, pada titik GB44, titik-titik pada meridian nya adalah GB40, ST35, ST32, GV1, GB22, ST12, BG13, GV20. 
MERIDIAN OTOT TENDON HATI(LR): Berawal di ujung jempol kaki,pada titik LR1, titik-titik pada meridian nya adalah LR4, CV2, CV3. 
Aliran Qi meridian tendon mulai dari ujung kaki maupun ujung jari tangan, menuju ke badan dan Qi mengalir masuk hanya sampai ke otot . Tercatat dalam buku Nei Jing : “Jing Luo/meridian merupakan jarring-jaring yang dimiliki organ Zhang Fu, yang berhubungan dengan empat anggota badan”. Jing Luo/meridian merupakan saluran yang mengahsilkan Qi/Energi vital dan Xue/darah, yang berfungsi juga menghubungkan organ-organ Zhang dan Fu, tubuh bagian dakam dengan bagian permukaan, dan bagian atas dengan bagian bawah, bagian kiri dengan bagian kanan. Jing Luo/meridian member nutrisi dan juga energi  berupa Qi/energi  vital dan Xue/darah kepada organ-organ dan jaringan seluruh tubuh, di samping juga memelihara kelembapan dan kecerahan kulit dan bulu roma serta rambut. Dengan demikian Jing Lu/meridian mendorong organ-organ dalam dan jaringan-jaringan lainnya dapat menjalankan fungsinya dengan baik .

No comments:

Post a Comment