Sunday, October 18, 2015

SEHAT TANPA OBAT 5

Meridian Paru 

Meridian paru mempunyai 11 titik akupunktur. Penyakit terkait dengan meridian paru: Sakit/radang tenggorokan dan faring Batuk (termasuk batuk) darah, asma Sulit bernafas, rongga dada terasa penuh Nyeri pada dada/pundah/punggung Mimisan, amandel Kejang/kaku pada siku Kejang/kaku pada jari tangan Suhu tubuh (kepanasan atau kedinginan) 1 cun (ukuran yang dipakai bangsa Cina) = 3,33 cm 
Penulis siap membantu mengatasi keluhan Anda, silakan kontak di no HP saya: 085288039198. 
Alur : Berawal dari dada, berhubungan dengan meridian usus besar (LI) menuju ke muara jantung, kemudian kembali dan melewati diafragma. Masuk ke organ paru, naik ke arah tenggorokan dan muncul di titik LU-1. Terus mengalir ke bawah sepanjang permukaan dalam lengan bagian atas sampai lengan bagian dalam lengan bawah. Masuk ke arteri radialis di bagian pergelangan tangan dan berakhir, LU-11 pada ujung ibu jari (juga berhubungan dengan meridian usus besar LI-1).   
LU-1 (zhong fu, harta utama) Letak : terletak di garis luar dada ketiga, setinggi antar tulang rusuk 1 dan 2 Tindakan & indikasi: Membersihkan dan menyebarkan upper burner (ingat triple burner terdapat di atas, tengah dan bawah) dan melancarkan chi paru. Terkait dengan gejala batuk/asma; susah bernafas; nyeri dada, pundak, punggung; rongga dada terasa penuh 
LU-2 (yun men, gerbang langit) Letak : di luar garis dada ke-3, di atas titik LU-1, di bawah persendian tulang selangka, di dalam lekukan otot pectoral. Tindakan & Indikasi: membersihkan panas pada paru; menghilangkan panas pada lengan dan persendian. Batuk; susah bernafas; nyeri pada dada, pundak dan lengan; rongga dada terasa penuh. LU-3 (tian fu, istana surga Letak : sisi radial otot biseps, kira-kira 3 cun di bawah garis lurus yang ditarik dari sudut ketiak bagian depan Tindakan & indikasi: membersihkan panas pada paru dan mengatur chi paru. Sesak nafas; mimisan; nyeri pada lengan atas bagian dalam. LU-4 (xia bai, penjaga berbaju putih) Letak : 1 cun di bawah titik LU-3 pada sisi radial otot biseps Tindakan & indikasi: Mengatur chi dan darah; mengurangi rasa sakit. Menyembuhkan batuk; rongga dada rasanya penuh; sakit pada bagian tengah lengan 
LU-5 (chi ze, langkah satu kaki) Letak : daerah lipatan siku, sisi radial dari tendon otot biseps Tindakan & indikasi : Mengusir api pada paru; downbears kembali aliran chi yang membalik; membersihkan panas upper burner. Menyembuhkan batuk; batuk darah; demam sporadis; nafas tersengal-sengal atau sesak nafas; rongga dada terasa penuh; sakit tenggorokan; sakit pada siku dan lengan dengan gejala sulit dilipat atau direnggangkan. 
LU-6 (kong zui, lubang pilihan) Letak : sisi radial lengan bawah, 7 cun di atas pergelangan tangan Tindakan & indikasi: Melembabkan paru dan mengatur apabila terjadi pendarahan; membersihkan panas upper burner. Menyembuhkan batuk; rongga dada terasa penuh; sakit pada bagian tengah lengan; sulit bernafas; sakit tenggorokan; sakit pada siku dan lengan dengan gejala sulit dilipat atau direnggangkan. 
LU-7 (lie que, garis terputus) Letak : bagian atas tonjolan tulang hasta, 1,5 cun di atas pergelangan tangan antara dua tendon Tindakan & indikasi: mengatur fungsi paru dan mengusir dingin; membersihkan meridian dan jaringan aliran darah. Menyembuhkan sakit kepala dan kaku pada leher; batuk dan sulit bernafas; sakit tenggorokan; mata dan mulut terasa tidak nyaman; radang faring; rahang susah digerakkan; pergelangan tangan kurang bertenaga. 
LU-8 (jing qu, saluran meridian) Letak : sisi dalam tonjolan tulang batalan ibu jari, 1 cun di atas pergelangan tangan. Tindakan & indikasi: Menyebarkan dan mengalirkan chi paru ke organ bagian bawah; mengusir angin dan menghangatkan tubuh bagian luar. Batuk; asma dan nafas tersengal-sengal; dada sakit; sakit tenggorokan; pergelangan tangan sakit, radang faring. 
LU-9 (tai yuan, sumur tanpa dasar) Letak : pada lekukan lipatan pergelangan tangan, bagian luar persendian radialis. Tindakan & indikasi: Mengusir angin dan mengubah riak; menyelaraskan fungsi paru dan menekan batuk; membersihan dan memperlancar upper burner dan chi paru. Menyembuhkan nafas tersengal-sengal; batuk; memperlancar aliran darah; sakit tenggorokan; nafas memburu; sakit pada dada dan bagian tengah lengan. 
LU-10 (yu ji, sirip ikan) Letak : pertengahan tulang metacarpal bagian radial dan batas perubahan warna telapak tangan. Tindakan & indikasi: Melancarkan fungsi paru dan mengharmoniskan fungsi lambung; melancarkan tenggorokan; menghilangkan panas pada darah (batuk darah); mengusir demam. Menyembuhkan batuk; memperlancar aliran darah; sakit tenggorokan; demam; radang faring. 
LU-11 (shao shang, penguasa kecil) Letak : radial ibu jari 0,1 cun, di atas dan di belakang sudut kuku. Tindakan & indikasi: batuk sesak nafas, radang faring, mimisan, radang amandel, jari-jari kaku, gangguan mental.

No comments:

Post a Comment